Categories
Uncategorized

Mengenal Genset 1 Phase

Genset atau generator set merupakan alat pembangkit listrik yang biasanya digunakan ketika listrik padam. Genset ini merupakan suatu bentuk mesin yang terbentuk dari pembangkit listrik atau generator serta mesin penggerak. Genset disusun untuk menghasilkan suatu bentuk tenaga listrik yang memiliki besaran tertentu tergantung dengan jenis genset tersebut. Generator atau pembangkit listrik sendiri di bagi menjadi 2 jenis AC dan DC. Pada arus bolak-balik atau AC pembangkit listrik disebut juga alternator. Pembangkit listrik atau yang biasa juga disebut dengan alternator ini memiliki beberapa tipe. Pembagian didasarkan pada tegangan keluarannya atau yang biasa disebut dengan output voltage. Alternator dari tegangan arus bolak-balik sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu 1 phase dan juga  3 phase.

Pada genset  3 phase sendiri memiliki muatan untuk menanggung beban yang 3 kali lebih besar jika dibandingkan dengan genset 1 phase terbaik.  Output yang dikeluarkan oleh alternator 1 phase yaitu 220 Volt. Sedangkan untuk alternator 3 phase output voltagenya yaitu 380 volt. Untuk alternator arus bolak-balik 1 phase sendiri juga memiliki nama lain yaitu generator listrik fase tunggal. Pada alternator atau generator listrik AC jenis 1 phase sendiri memiliki dua kabel keluaran. Kabel pertama yaitu kabel phase dan juga kabel kedua yaitu kabel netral Genset 1 phase ini hanya memiliki satu kumparan phase saja. Atau bisa juga disebut dengan beberapa kumparan yang terhubung menjadi satu secara seri. Tegangan keluar 220volt dari alternator 1 phase sendiri diukur berdasarkan titik keluaran phase dan netral. Namun bukan berarti pada genset 1 phase memiliki arti bahwa netral memiliki nilai yaitu 0 volt dan juga pada fase memiliki nilai 220volt. Berbeda dengan alternator 3 phase yang memiliki empat kabel keluaran. Kabel tersebut terdiri dari satu kabel phase R, kabel phase S, kabel phase T, dan kabel nol atau kabel netral.

Untuk itu selisih dari genset AC 1 phase dan genset AC 3 phase yaitu 220 volt pada tegangannya. Genset 1 phase bangsa sendiri memiliki nilai Cosphi yang sangatlah baik. Pada generator AC 1 phase sendiri memiliki satu kabel phase keluaran untuk itu pemakaian daya secara maksimal maksimal sendiri hanya dapat digunakan yaitu sebesar pada kemampuan daya generator tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *