Categories
Uncategorized

Kebutuhan Genset Rumahan Yang Terus Meningkat Setiap Tahun

Kebutuhan listrik masyarakat yang semakin meningkat setiap tahunnya menyebabkan stok energi listrik nasional kian menurun, mengingat mayoritas bahan bakar pembangkit listrik di Indonesia berupa sumber daya tak terbaharukan. Karena kondisi inilah PLN semakin sering mengadakan pemadaman serentak secara bergilir di tiap tiap wilayah guna upaya menyimpan energi. Selain itu, himbauan hemat listrik juga terus-terusan diserukan kepada masyarakat. Namun tetap saja ada kesenjangan antara kebutuhan listrik masyarakat dengan persediaan listrik PLN. Tidak heran jika semakin banyak masyarakat yang rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli mesin genset rumahan untuk memenuhi kebutuhan listrik mereka ketika aliran listrik sedang dihentikan.

Bahkan di beberapa daerah khususnya Jabodetabek, masyarakat rela antri berjam-jam di toko demi mendapatkan genset untuk kebutuhan penyimpanan lisrik rumah mereka. Tidak dapat dipungkiri, inilah beberapa alasan mengapa genset rumahan terbaik semakin banyak dibutuhkan masyarakat :

Sebagai Cadangan Energi Darurat

Fungsi utama dari genset adalah menyimpan energi listrik dalam jumlah tertentu apabila sumber energi pusat sedang tidak mensuplay. Genset berfungsi menghasilkan energi listrik dari proses perubahan energi, yakni energi gerak. Agar dapat bergerak, mesin genset membutuhkan bahan bakar tertentu yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Misalnya, genset bensin yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar penggerak genset.

Bisnis Sewa Genset

Pernahkah Anda melihat mesin genset di acara pasar malam ataupun hajatan?. Ya, bisnis sewa genset banyak ditemukan di Indonesia mengingat cukup banyaknya acara yang diadakan di luar ruangan namun tetap membutuhkan listrik baik untuk sound maupun penerangan.

Sumber Energi Listrik Utama

Di daerah-daerah terpencil di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, khususnya Desa Sialing, Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong, genset masih digunakan sebagai mesin penghasil energi listrik utama. Hal ini disebabkan karena di daerah tersebut belum mendapat aliran listrik dari PLN sehingga terpaksa menggunakan genset sebagai mesin penghasil listrik mereka. Namun per September 2017, genset-genset rumahan tersebut sudah tidak lagi beroperasi semua karena PLN sudah meresmikan 1 buah trafo berkapasitas 50 kVA untuk dinikmati masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *